Kami Sudah Mengirim ke-34 Provinsi Seluruh Indonesia

NO CHARGING
Sering kali para pengguna ponsel pada umumnya di pusingkan oleh kerusakan pada system pengisian batterai atau yang lebih di kenal lagi dengan "No Charging". Untuk itu, kali ini kita akan ulas berbagai cara atau trouble shooting no charging pada ponsel nokia. Sebagai media bahasan praktek kali ini, kami mengambil materi kerusakan ponsel 3310. Masalah utama penyebab kerusakan No Charging bisa di karenakan para pengguna ponsel melakukan pengisian batterai tidak teratur dan terlalu lama atau over charging. Kebiasaan buruk itu bisa menyebabkan hardware pada
ponsel rusak misal seperti IC Charger, Plug In, Rfuse. Trouble No Charging bisa juga terjadi di karenakan software pada ponsel. Meski demikian, kerusakan yang disebabkan oleh software memiliki kemungkinan yang sangat kecil. Ada baiknya sebelum kita melakukan repair pada hardware, ada baiknya kita repair dulu pada softwarenya. Hal ini dimungkinkan untuk memperbaiki beberapa komponen software yang mungkin saja rusak.. istilah teknisnya penyegaran software gitu looh..!! Langkah pertama yang akan kita lakukan jika kita repair software kita dapat gunakan beberapa Software lasher seperti XP Mobile, Rolis, Griffin dan UFS Tornado.
HARDWARE
Sedangkan untuk mengatasi kerusakan pada hardwarenya, kita bisa periksa dahulu pada komponen ponsel yang paling luar dahulu seperti pada charger dan baterai.
Sedangkan pada komponen dalam ponsel kita dapat lakukan dengan periksa plug in, R Fuse, kumparan, dan IC chargingnya. Buka seluruh ponsel dengan mengunakan obeng T 6, dan siapkan alat alat apa saja yang diperlukan untuk repair hardware Untuk langkah pertama kita bisa bersihkan pada connector plug in, mengingat connector plug in jarang rusak jadi cukup membersihkan konektor yang menghubungan antara plug in dan board dengan cairan khusus atau alcohol, apabila tidak ada tegangan setelah kita cek dengan menggunakan multitester.
Setelah semua kita cek masih berfungsi dengan baik, seperti baterai, charger, plug in, maka selanjutnya kita dapat cek pada R Fuse, komponen kecil yang berfungsi
mengalirkan power dari charger ke IC charger.
Dan kemungkinan besar kerusakan terletak pada komponen ini. Untuk mengetahui apakah R Fuse masih berfungsi dengan baik, anda mestinya memeriksa dengan bantuan alat multitester dengan setelan indicator tegangan pada multitester X 1 15 ma. Jika tidak berfungsi atau tidak ada tegangan anda bisa menggantinya.
LANGKAH TERAKHIR CEK PADA IC CHARGER
Fungsi dari ic charger itu sendiri sangat besar yaitu sebagai media untuk menghantarkan arus dari charger ke batterai serta mengkonfirmasikan ke CPU bahwa ponsel sedang melakukan pengisian batterai yang menunjukan indicator
pada layar LCD aktif naik turun waktu pengisian baterai. Apabila IC charger sudah tidak berfungsi setelah kita gunakan dengan alat Bantu multitester. Apabila tidak ada
tegangan pada IC charger maka kita bisa mengganti IC Chargernya dengan yang baru. caranya kita angkat IC chargernya dgn menggunakan alat Bantu blower atau solder uap. Kemudian pasang dengan menggunakan pinset. Contoh seperti gambar disamping: Setelah semuanya selesai coba ponsel untuk melakukan pengisian batterai.[brother] Semoga berhasil!!
Bagikan ke Google Plus

About Budi raharjo, A.Md

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar